Senin, 29 Februari 2016

Belajar Disiplin dari Perang Uhud di Perkemahan

Suasana jelang upacara pembukaan Perjusa 3
Untuk mendidik siswa agar memiliki disiplin yang tinggi, Pramuka SDIT Nurul Fikri melaksanakan perkemahan jum’at dan sabtu yang diikuti oleh siswa kelas 4. Perkemahan tersebut dilaksanakan di Strawbery Camp, Cilember, Bogor pada tanggal 19-20 Pebruari 2016. Dengan mengusung tema “Belajar Disiplin dari Perang Uhud” seluruh peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan perkemahan tersebut.


Acara diawali melalui upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kak Rizal Dharma selaku PJ Pramuka SDIT Nurul Fikri sekaligus Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka SIT Kota Depok. Setelah berisitirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan kegiatan simulasi Perang Uhud. Tujuan diselenggarakannya simulasi ini agar para peserta memahami utuh situasi yang terjadi ketika Perang Uhud. Harapan besarnya, disiplin yang menjadi bagian penting dari kisah Perang Uhud dapat menjadi pelajaran berharga yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Disore hari, peserta bersama pembimbing melaksanakan muroja’ah dan setoran hafalan Al-Qur’an surat Al Mursalat beserta setoran 10 do’a harian. Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk menyelenggarakan kegiatan pentas seni sebagi sarana aktualisasi peserta. Kegiatan ini berjalan lebih meriah karena diawali dengan acara menyalakan api unggun yang dibawakan dengan khidmat oleh Kakak Brigade Kelas V.

Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan rotasi tematik. Peserta menyusuri area perkemahan dan mendatangi setiap pos yang telah ditentukan. Dengan disiplin tinggi peserta terlihat semangat mengikuti acara rotasi tematik. Di akhir acara, ada pengumuman regu terbaik. Regu Garuda dan Regu Melati terpilih sebagai pemenangnya. Meski begitu, seluruh peserta tetap menjadi juara karena telah berhasil mengikuti kegiatan perkemahan jum’at – sabtu dengan baik. 









0 komentar:

Posting Komentar